Simak 3 Tips Membuat Ruang Istirahat yang Nyaman Bagi Karyawan

Tips Membuat Ruang Istirahat Karyawan

Bagi sebagian perusahaan, ruang istirahat kantor menjadi tempat yang wajib ada dengan tujuan memberi kenyamanan serta meningkatkan profesionalitas kerja karyawan. Jika anda mengerti akan pentingnya ruangan ini, maka ada beberapa tips dalam mendesain ruang istirahat karyawan yang tidak boleh terabaikan, baik dari pemilihan karpet kantor ataupun interior lainnya.

Tips Mendesain Ruang Istirahat di Kantor

Mendesain ruang istirahat  bukanlah perkara yang sulit, namun juga tidak bisa diremehkan karena berkenaan dengan kenyamanan penggunanya. Berikut 3 tips utama yang pertama harus dilakukan dalam mendesain ruang istirahat, diantaranya

1. Pastikan Area Memungkinkan Sosialisasi Antar Karyawan

Tips Membuat Ruang Istirahat Karyawan

Selain memberikan area khusus bagi karyawan untuk bersantai di jam kosong, ruang istirahat juga berfungsi untuk memberikan ruang komunikasi antar karyawan agar terjalin keakraban. Selain itu, karyawan juga bisa berdiskusi atau berkonsultasi tentang masalah yang dihadapi dalam hal pekerjaan

Oleh sebab itu, area ini harus diatur dengan baik agar memungkinkan antar karyawan yang satu dengan lainnya bisa lebih berbaur, misalnya menata sofa yang saling berhadapan dalam satu meja kecil, atau memanfaatkan kursi putar yang bisa diposisikan ke segala arah.

2. Gunakan Karpet Kantor dengan Warna Santai

Tips Membuat Ruang Istirahat Karyawan

Karena letaknya masih di sekitar area kantor, maka ruang istirahat harus tetap menonjolkan kesan formal. Salah satu caranya dengan menggunakan karpet yang membuat ruangan terlihat rapi dengan beragam motif yang bisa dijadikan pilihan.

Manfaatkan karpet berwarna cerah dan santai seperti hijau, kuning ataupun perpaduan dari beberapa warna jika menggunakan karpet tile. Pemilihan warna ini sangat penting karena berperan sebagai pembeda antara area kerja dengan ruang istirahat.

3. Sediakan Kursi yang Nyaman Untuk Bersandar

Tips Membuat Ruang Istirahat Karyawan

Dalam beberapa kasus, seringkali ditemukan karyawan yang mengantuk dan menguap berulang kali ketika sedang bekerja di kantor. Hal ini disebabkan karena karyawan kurang istirahat atau memiliki jam tidur yang kurang di malam harinya.

Oleh sebab itu, anda bisa mengantisipasi kondisi ini dengan menyediakan kursi atau sofa yang nyaman untuk bersandar di ruang istirahat. Dengan demikian, karyawan yang kurang tidur, ataupun sedang dalam kondisi tidak fit bisa bersandar dan tidur sejenak selama waktu istirahat.

Demikianlah langkah-langkah dalam mendesain ruang istirahat yang mudah untuk diterapkan, tanpa menggunakan jasa desain interior. Sebelum melakukan renovasi ruangan, sebaiknya persiapkan barang-barang yang sekiranya dibutuhkan untuk kepentingan dekorasi seperti karpet agar proses bisa berjalan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *