Bahan / Material Untuk Pembuatan Box Panel Listrik

Material Untuk Pembuatan Box Panel Listrik

Apa jadinya panel listrik yang langsung berhubungan dengan arus listrik dibiarkan tanpa pelindung, tentu akan rentan menyebabkan orang kena setrum. Untungnya di dunia kelistrikan dibuat box panel listrik agar penataan panel menjadi lebih rapi, aman, dan terlindungi. Tapi tahukah Anda, apa sebenarnya bahan untuk membuat box tersebut?

Material Untuk Pembuatan Box Panel Listrik

Bahan Untuk Membuat Box Panel

Beberapa bahan sering dipakai untuk membuat sebuah kotak pelindung panel listrik, mungkin bagi Anda bentuknya terlihat sama yaitu kotak persegi dengan warna silver dengan sistem buka tutup. Tapi ternyata ada pilihan bahan berbeda, dengan tingkat ketahanan yang berbeda pula.

  • Fiberglass

Komponen utama bahan ini adalah serat kaca, yang dibentuk sedemikian rupa menjadi kotak yang aman untuk melindungi panel listrik. Kelebihannya adalah tahan terhadap kontaminasi zat kimia berbahaya yang mungkin menempel, apalagi jika kotak ini letaknya di luar ruangan. selain itu juga anti karat, karena memiliki elemen anti korofis yang mumpuni.

Sayangnya bahan ini juga punya kekurangan, seperti sulit untuk dibentuk atau ingin dimodifikasi. Makanya harga box panel ini tergolong cukup mahal, jika dibandingkan dengan bahan lainnya.

  • Aluminium

Bahan logam yang satu ini tergolong banyak dipakai, dalam pembuatan kotak pelindung untuk panel listrik. Karena mudah didapat, sayangnya dalam proses pembuatannya cukup panjang, dimana setelah dibentuk perlu dilapisi galvanis dulu agar lebih tahan lama.

Kelebihannya adalah menyerap panas lebih maksimal ketimbang bahan lain. Sedangkan kekurangannya yaitu pada penggunaan di luar ruangan, bahan ini sangat rentan rusak dan berjamur karena tidak tahan pada kondisi lembab.

  • Stainless Steel

Hampir sama dengan aluminium logam ini juga banyak dipilih sebagai bahan pembuatan box panel, karena punya ketahanan terhadap karat yang lebih maksimal ketimbang aluminium. Hanya saja soal ketahanan pada kondisi lembab juga kurang hebat, jadi hanya akan tahan lama jika berada pada kondisi kering dan terlindungi.

  • Poliester

Adalah bahan yang berbahan dasar plastik dan mudah dimodifikasi, sehingga bisa membentuk kotak pelindung panel listrik berbagai model. Bahan ini juga tidak akan mudah berkarat karena memiliki daya korosif cukup maksimal. Bagi Anda yang ingin memiliki kotak pelindung panel dengan sensor suhu, bahan ini juga bisa jadi pilihan utama.

  • PVC

Sama-sama terbuat dari plastik dengan poliester namun PVC disebut lebih tahan, karena bentuknya terbatas dan Andalah yang harus menyesuaikan dengan ukuran box yang tersedia. Tapi soal anti korosif atau anti karat sangat terbukti, begitu juga dengan kemampuannya untuk dimodifikasi saat pemasangan.

Tipe Box Panel Listrik Sesuai Bahannya

Ada dua tipe box yang sering dijumpai, pada produk kotak penyimpanan panel listrik. Pertama adalah tipe standing dimana pemasangannya dengan cara berdiri seperti lemari, untuk tipe ini digunakan bahan logam atau fiber glass tergantung dimana akan ditempatkan. Tapi memang harga box panel tipe ini tergolong lebih mahal, cukup boros tempat saat digunakan.

Tipe kedua adalah wall mounted yang biasa ditempel pada dinding, ukurannya cenderung lebih kecil dibanding tipe pertama. Bahan yang banyak dipakai adalah berbagai jenis logam atau PVC dan polietser, karena penempatannya bisa dimodifikasi sesuai kondisi ruangan atau kondisi bangunan.

Itulah beberapa jenis bahan yang biasa digunakan untuk membuat box, yang akan dipakai untuk menyimpan panel listrik. Dengan karakternya masing-masing, produk ini bisa memberikan manfaat terutama menghidari kerusakan panel secara langsung akibat kontaminasi lingkungan sekitarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *