Kenali Masalah Pintu Rumah yang Sering Terjadi

Masalah Pintu Rumah

Bagaimana jadinya bila pintu di rumah Anda rusak? Pastinya membuat panik karena rumah jadi kurang aman, akses keluar masuk tidak terpantau maksimal. Apalagi kalau memperbaikinya butuh waktu lama, bisa-bisa Anda tak tidur semalaman karena takut kemalingan. Sebelum itu terjadi ada baiknya mengenali lebih awal masalah pada pintu, sehingga bisa diatasi lebih cepat dan tepat.

Masalah Pintu Rumah

Masalah Pintu Rumah Kayu

Pintu kayu adalah jenis pintu yang paling banyak digunakan, baik untuk rumah minimalis hingga mewah sekalipun. Bukan saja karena kesan alami yang dihasilkan, variasi motif dan jenis kayu yang bisa dipilih juga jadi alasan masih banyaknya orang pakai pintu ini ketimbang pintu UPVC yang kekinian atau pintu kaca. Masalah yang sering dialami pemilik hunian pada pintu kayu adalah:

Susah Ditutup

Pintu daru kayu rentan mengalami penambahan massa saat musim hujan atau pemuaian pada musim panas, sehingga menyebabkan pintu susah ditutup. Tapi sebenarnya hal itu bisa dideteksi dini saat musim panas ekstrim datang, atau musim hujan tiba. Anda bisa menjemur pintu pada cahaya matahari langsung, atau menambah kunci gembok hingga kondisi pintu kayu kembali normal.

Mengelupas

Pengelupasan pada lapisan luar kayu juga rentan terjadi, apalagi pada hunian yang berada di daerah dengan cuaca tak menentu. Hal ini disebabkan paparan cahaya matahari dan hujan yang merusak jaringan kayu, sehingga cat mudah mengelupas. Anda bisa mengenalinya saat sudah ada sebagian kecil cat yang mengelupas, segera amplas dan cat ulang area tersebut.

Berjamur

Jamur adalah lawan utama dari pintu kayu, beda dengan pintu UPVC atau pintu jenis lain yang tak bisa jadi media lekatnya jamur. Ketika terlihat bercak putih pada bagian pintu, Anda bisa meminimalisirnya dengan mengikis jamur tersebut dan mengecat ulang bagian pintu menggunakan pernis.

Masalah Pintu Rumah Selain Kayu

Selain pintu kayu, pintu jenis lain juga memiliki masalah yang bisa saja terjadi setelah dipasang pada bagian rumah. Deteksi dini dan perawatan maksimal bisa meminimalisir pengeluaran karena pastinya masalah tak akan bertambah parah.

  • Pintu Kaca

Masalah yang sering terjadi pada pintu kaca adalah buramnya kaca akibat cuaca, debu dan kotoran. Tapi selama Anda membersihkannya secara rutin, hal itu bisa dihindari, sebab perawatan pintu kaca cukup dengan pakai cairan pembersih kaca.

  • Pintu UPVC

Beda lagi dengan pintu berbahan UPVC yang masalah utamanya adalah longgar baut pada kusen, sehingga pintu jadi longgar dan rentan lepas. Ini sebenarnya bisa dicegah jika dari awal sudah menggunakan baut yang berkualitas dan dipasang dengan maksimal.

  • Pintu Aluminium

Terbilang sebagai pintu dengan masalah paling minim, karena material pembuatannya anti jamur, tahan lama dan perawatan cukup dibersihkan dengan lap kering secara rutin. tapi ketika diaplikasikan dengan jenis pintu geser, atau lipat maka akan sering didapati masalah seperti rusaknya rel dan roda pintu akibat penumpukan debu.

Cara untuk mengatasinya tentu rutin membersihkan area tersebut, agar debu tak mudah bersarang. Masalah lainnya adalah roda rel yang mudah rusak akibat tak mampu menahan beban pintu yang lebih besar. Untuk mengatasinya Anda perlu memilih roda besi yang tahan karat.

Itulah sekelumit masalah yang sering terjadi pada pintu rumah jenis apapun. Baik itu pintu kayu, kaca, aluminium atau pintu UPVC. Intinya jika ditempatkan dan dirawat dengan benar, maka pintu akan berfungsi dengan baik dan minim masalah. Jadi mulai sekarang rajinlah melakukan pengecekan kondisi pintu agar masalah parah tidak terjadi dan membuat Anda susah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *