Inilah Keungguan Plafon Gypsum Dibandingkan Jenis Plafon Lainnya!

Memilih jenis plafon merupakan hal yang perlu Anda perhatikan. Bila salah, rumah yang Anda bangun bisa-bisa tak sesuai dengan yang Anda harapkan. Misalnya, ketika musim hujan terjadi kebocoran sehingga menyebabkan bolong pada plafon. Nah, artikel kali ini akan membahas mengenai plafon rumah yang perlu Anda tahu.

Plafon Gypsum

Pada dasarnya, jenis plafon yang paling banyak dgunakan pada setiap hunian adalah plafon gypsum. Selain karena harganya yang murah, plafon ini amat kokoh digunakan karena terbuat dari bahan bebatuan sedimen. Selain itu, plafon jenis ini juga tergolong dalam jenis plafon yang sangat mudah dikreasikan oleh produsen. Artinya, plafon jenis ini memiliki berbagai macam model dan pola, sehingga plafon akustik pada jenis ini bukan hanya cocok untuk bangunan perumahan, namun juga perkantoran.

Lalu apa saja keunggulan lainnya dari plafon gypsum ini? Berikut ulasannya.

Menyesuaikan Konsep Rumah dengan Mudah

Sempat disinggung sebelumnya, meski harga plafon gypsum murah, namun jenis plafon ini yang paling mudah dikreasikan sesuai dengan kebutuhan konsumen. Artinya, plafon gypsum dapa menyesuaikan dengan konsep ruangan atau rumah yang Anda sedang bangun. Tentunya hal ini akan menambah cantik ruangan tersebut dan kesan yang menarik serta elegan. Dengan demikian, plafon ini dapat menyulap rumah Anda yang dari biasa menjadi meah.

Selain motif dan coraknya beragam dan dapat menyesuaikan dengan warna cat rumah, plafon ini juga bisa dilengkapi dengan ragam aksesoris yang mendukung konsep serupa. Contoh aksesorisnya yaitu lis, hiasan tengah, hiasan sudut, dan masih banyak lainnya. Sebuah solusi yang menarik untuk ruangan yang ingin Anda buat menjadi menarik pula.

Instalasi yang Mudah

Keunggulan plafon gypsum berkaitan dengan plafon akustik adalah pemasangannya sangat mudah dan juga cepat. Anda tak perlu membutuhkan waktu yang lama. Proses yang diperlukan sangat cepat, namun tetap menghasilkan plafon yang rapi dan enak dilihat. Hal ini karena pada bagian panelnya memiliki ukuran yang relatif lebih besar bila dibandingkan dengan bahan lainnya sehingga cepat untuk diaplikasikan ke area langit-langit yang luas.

Selain itu, proses perakitannya juga amat mudah karena alat-alat yang digunakan sedikit. Untuk memotongnya dapat menggunakan pisau atau gergaji, lalu untuk menyambungnya dengan bagian lain hanya menggunakan sekrup, paku, atau staples. Untuk ukuran rumah minimalis pun, pemasangannya dapat dilakukan hanya dengan dua pekerja saja. Hanya dalam beberapa jam saja, para pekerjanya bisa memahami teknik instalasi plafon jenis gypsum ini.

Tidak Mudah Terbakar

Tentunya tak ada seorang pun yang menginginkan musibah kebakaran menimpa rumah atau gedung mereka. Akan tetapi, pencegahan tetap perlu dilakukan sebagai bentuk pertahanan bila musibah dan bahaya kebakaran tersebut terjadi. Nah, salah satu caranya adalah dengan menggunakan plafon gypsum.

Plafon jenis gypsum merupakan material yang mampu menahan api. Plafon jenis ini terbukti efektif untuk menghambat transfer panas sekaligus penyebaran api. Artinya, plafon ini memiliki daya tahan yang lama serta awet. Dengan demikian selain terbebas dari bahaya kebakaran, Anda sebagai pemilik rumah tak perlu repot lagi memikirkan perawatan untuk plafon jenis ini. Hal ini karena umur pakainya yang bisa dibilang relatif panjang, meskipun harga plafon gypsum murah.

Nah, penjelasan di atas dapat setidaknya memberikan informasi kepada Anda, bahwa penggunaan plafon jenis gypsum pada bangunan merupakan keuntungan tersendiri bagi Anda. Dengan demikian, Anda tak perlu bingung lagi dengan pemakaiannya pada plafon akustik ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *