Masih Bingung Dengan Material UPVC? Ini Dia Sejarahnya

Ini Dia Sejarah Material UPVC

Dewasa ini teknologi semakin berkembang pesat, termasuk dalam sektor konstruksi. Di mana material-material yang menunjang semua pekerjaan konstruksi semakin variatif, semakin bagus, efesien dan praktis. Salah satunya adalah kehadiran material UPVC. Material UPVC digunakan untuk macam-macam komponen seperti untuk kusen jendela, kusen pintu, hingga pintu UPVC kamar mandi. Mungkin material UPVC ini memang masih sangat asing di kalangan masyarakat karena masyarakat lebih akrab dengan PVC yang sudah lebih dahulu ada dibanding UPVC.

Sejarah Material UPVC

Memang pada dasarnya PVC dan UPVC merupakan dua saudara yang sejarahnya tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Material UPVC merupakan material yang kehadirannya sebagai material terbarukan dari material PVC.

UPVC atau Unplasticized Poly Vinyl Chloride merupakan material dari turunan plastik yang telah mengalami beberapa proses tertentu dan akhirnya membuat sifat lentur plastiknya hilang. Material akhir dari UPVC ini menghasilkan sifat yang kuat, keras namun tetap elastis. Komposisi dari material UPVC ini adalah 85% PVC dan 15% nya merupakan stabilizer, filler, color pigmen, modifier, dan titanium dioxide. Semua komposisi ini disatukan dalam proses tertentu sehingga hasilnya menjadi UPVC kuat yang akan sangat aman saat digunakan untuk kusen dan pintu UPVC kamar mandi.

Material UPVC ini ditemukan di Jerman pada tahun 1960. Sejak ditemukannya hingga sekarang, material UPVC menjadi material yang sangat diminati dalam pembangunan karena kekuatannya mampu menggantikan material kayu dan alumunium. Material ini dianggap sebagai material yang ramah lingkungan karena orang-orang tidak perlu lagi menebang pohon untuk dijadikannya kusen dan pintu. Selain itu, material ini pun sangat mudah dalam perawatannya di mana material ini tidak akan berkarat dan tidak akan terkena rayap. Itulah sebabnya material UPVC oleh beberapa negara digunakan sebagai material standar yang harus digunakan sebagai pengganti kayu dan alumunium.

Masyarakat tidak khawatir saat dianjurkan memilih material UPVC, karena material ini tidak merusak estetika bahkan penampilannya cenderung elegan dan modern sehingga dapat menunjang estetika hunian. Pintu UPVC kamar mandi memiliki tampilan yang tidak kalah klasik dan elegan dengan pintu kayu kamar mandi. Jadi tidak ada alasan lain lagi untuk Anda tidak memilih material UPVC.

Selain tampilan, material UPVC ini memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan kayu. Ya, Anda akan mendapat harga yang murah untuk material yang sangat kuat dan awet. Menguntungkan bukan?! Saat Anda memilih material UPVC, Anda akan menghemat biaya pembangunan Anda juga Anda sekaligus berperan dalam menjaga lingkungan yang kian hari kian memprihatinkan, khususnya dari segi ketersediaan sumber daya alam seperti pohon.

Pemasangan material UPVC umumnya dilengkapi dengan beberapa material lain: seperti ditambah dengan rangka besi lapis agar UPVC lebih kuat dan rigid saat diaplikasikan ke tembok dan instalasi hardware, UPVC juga ditambah karet khusus yang dibuat dari karet dan plastik saat UPVC diaplikasikan ke jendela dan pintu.

Anda dapat menemukan material UPVC dalam bentuk apapun di pasaran konstruksi atau di toko-toko bangunan. Anda juga dapat sekaligus menggunakan jasa pemasangan UPVC agar pemasangannya rapi dan hasilnya maksimal. Saat Anda terlalu sibuk, Anda dapat mencarinya di pasaran online dan memesan untuk dikirimkan ke hunian Anda. Apa lagi yang menyulitkan Anda untuk membeli material UPVC dan material apapun itu di era di mana teknologi dapat diandalkan ini?! Jadi, tunggu apa lagi, segera beralih ke material UPVC dan rasakan keuntungannya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *