Cara Membedakan Material Dinding Partisi Permanen dan Nonpermanen

Sudah bukan rahasia lagi, banyak orang mengetahui fungsi dinding adalah sebagai salah satu bentuk interior ruangan yang memiliki fungsi untuk menyekat atau memisahkan ruangan. Artinya dengan dinding ini kita dapat membagi sebuah ruangan luas menjadi beberapa ruangan.

Pada umumnya, dinding ini terbuat dari batu bata yang kokoh dan bersifat permanen. Namun, seiring perkembangan zaman, jasa desain interior menemukan cara tertentu supaya dinding dapat dibongkar pasang dan tidak permanen yaitu dengan cara menggunakan dinding partisi.

Nah, bagi kamu yang ingin membagi ruangan yang terlalu besar menjadi beberapa ruangan, kamu dapat menggunakan dinding partisi yang dapat dibeli di toko partisi dinding.

Membedakan Material Dinding Partisi Permanen dan Nonpermanen

Saat ini, dinding partisi ini telah banyak dijual di banyak toko partisi Jakarta. Soal harga dinding partisi ini beraneka ragam tergantung dari jenis material yang kamu pilih. Nah, bagaimana cara membedakan material dinding partisi? Yuk, simak penjelasan berikut ini.

1. Dilihat Dari Ketebalan Dindingnya

partisi tebal

Jika dilihat dari ketebalan dindingnya, dinding partisi itu ada 2 jenis yaitu partisi dinding permanen dan nonpermanen. Nah, untuk lebih jelasnya tentang kedua jenis dinding partisi ini, simak penjelasan berikut.

  • Dinding Partisi Permanen

Dinding partisi permanen ini merupakan dinding partisi yang dibuat khusus dengan ketebalan yang cukup tebal dibanding dinding partisi nonpermanen.

Pada umumnya, dinding partisi permanen ini terbuat dari meterial rangka kayu atau bisa juga dari besi hollow. Biasanya untuk memperkuat dinding partisi permanen ini ditambahkan material yang terbuat dari multiplek atau gypsum sebagai penutupnya.

Material penutup dinding partisi permanen ini memiliki ketebalan antara 9 – 12 mm. Nah, jika kamu ingin menggunakan material dinding partisi permanen ini kamu dapat membelinya di toko terdekat di kotamu.

  • Dinding Partisi Nonpermanen

Selain dinding partisi permanen, ada juga material dinding partisi nonpermanen. Tentu saja, material partisi nonpermanen ini memiliki ketebalan yang lebih tipis dari partisi permanen.

Hal tersebut karena, dinding partisi nonpermanen lebih mudah dibongkar pasang. Oleh karenanya, pada umumnya material partisi nonpermanen ini terbuat dari bahan yang tidak begitu tebal karena dapat mudah dipisahkan dari struktur bangunan.

Bagi kamu yang berdomisili di Jakarta dan ingin menggunakan dinding partisi nonpermanen sebagai penyekat atau penutup ruangan, kamu dapat membelinya di toko partisi Jakarta.

2. Bahan Material Pembuatnya

Dinding Partisi permanen dan nonpermanen dapat dilihat dari jenis bahan material pembuatnya. Artinya sebelum kamu membeli bahan material dinding partisi di toko partisi dinding, alangkah baiknya kamu cek bahan material pembuatnya.

Adapun cara membedakan bahan material dinding partisi adalah sebagai berikut.

  • Dinding Partisi Permanen

Partisi Permanen

Memang jika dilihat dari jenisnya dinding partisi permanen memiliki ukuran yang khusus dan terlihat kokoh. Hal tersebut karena fungsi dari dinding partisi permanen adalah sebagai penyekat ruangan yang tidak mudah dibongkar pasang.

Oleh karenanya bahan material dinding partisi permanen tidak fleksibel. Pada umumnya, bahan material dinding partisi permanen ini terbuat dari bahan yang ringan, keras dan kaku, seperti batu bata, kayu atau bahkan rangka baja.

  • Dinding Partisi Nonpermanen

Partisi Nonpermanen

Berbeda halnya dengan dinding partisi nonpermanen terbuat dari material dengan bahan ringan yang dapat dilipat atau dipindah tangankan. Oleh karenanya, dinding partisi nonpermanen ini dari segi bentuk, model dan ukurannya dibuat fleksibel sehingga memudahkan untuk bongkar pasang.

Jika kamu masih bingung dengan perbedaan bahan material dinding partisi permanen dan dinding partisi nonpermanen, kamu dapat berkonsultasi kepada jasa desain interior sebelum membeli partisi dinding di toko partisi Jakarta bagi kamu yang tinggal di Jakarta.

3. Dilihat Dari Segi Fungsinya yang Mudah Dibongkar Pasang

toko partisi jakarta

Cara membedakan dinding partisi permanen dan nonpermanen adalah dengan melihat fungsinya. Jika fungsi dinding partisi itu tidak mudah dibongkar pasang dan  terbuat dari bahan material yang kokoh maka dinding partisi tersebut adalah dinding partisi permanen. Adapun fungsi dinding partisi permanen adalah sebagai penutup, penyekat atau pembatas ruangan.

Hal tersebut berbeda dengan fungsi dinding partisi nonpermanen yang mudah dibongkar pasang. Adapun fungsi dari dinding partisi nonpermanen adalah sebagai berikut:

  • Selain sebagai penyekat atau pembatas ruangan, fungsi lain dari dinding partisi nonpermanen adalah sebagai estetika atau berfungsi sebagai dekorasi ruangan untuk mempercantik interior ruangan.
  • Fungsi lain dari dinding partisi nonpermanen yang dapat dibongkar pasang adalah sebagai tempat penyimpanan atau rak. Pada umumnya, dinding partisi sejenis ini terbuat dari material kayu, kaca atau material lainnya yang dapat dibongkar pasang dan dipindah-pindah.
  • Berfungsi untuk menyamarkan pandangan sebagai aksen dekoratif, seperti partisi nonpermanen yang terbuat dari material kaca yang transparan.

Nah, tersebut di atas adalah cara membedakan bahan material dinding partisi permanen dan nonpermanen. Kamu dapat memperoleh dinding partisi permanen dan nonpermanen ini di toko partisi terdekat di kotamu.

Bagi kamu yang berdomisili di Jakarta, kamu dapat dengan mudah membeli dinding partisi permanen dan nonpermanen di toko partisi Jakarta terdekat. Tentunya, di toko tersebut menawarkan dinding partisi yang berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *